tips merawat mobil jarang dipakai

Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam merawat mobil yang jarang dipakai. Karena walaupun mobil tersebut jarang dipakai, sebenarnya juga wajib dirawat dengan benar.

Mobil wajib dirawat supaya senantiasa awet serta aman digunakan. Bagaimana panduan menjaga mobil supaya senantiasa awet serta aman? Walaupun mobil jarang dipakai, Anda masih tetap melakukan perawatan secara kontinyu.

Sehingga mobil yang lama diparkir di garasi harus mendapat perawatan khusus. Perawatan ini berkaitan dengan kelistrikan, mesin hingga bodi kendaraan. Ada beberapa cara merawat mobil yang jarang dipakai agar mobil tidak sampai terlantar dan siap untuk bisa dipakai setiap saat.

1. Rawat dengan Cara Membersihkan Mobil Secara Rutin

Hal utama yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil jarang dipakai adalah dengan membersihkan mobil baik bagian dalam maupun luarnya. Gunanya, untuk menjaga mobil dari serangga dan tikus yang berkemungkinan merusak spare-part mobil karena kekotoran yang menarik perhatian mereka. Debu-debu juga mampu membuat mobil berkarat,  kaca mobil berkerak, sehingga komponen mesin mobil bisa terkena kerusakan akibat mobil jarang dibersihkan.

2. Rutin Panasin Mesin

Memanaskan mesin membuat sirkuali mesin menjadi lancar, dan menghindari endapan-endapan bekas pembuangan. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar alternator bekerja optimal dalam pengisian aki sehingga komponen kelistrikan tidak tekor.

3. Copot Aki

Lepaslah kabel aki/kepala aki agar mengurangi risiko aki menjadi rusak atau kehilangan daya. Saat mencabut aki, dahului dengan melepas kabel negatif baru kemudian kabel positif. Saat memasang, dahulukan kabel positif baru kemudian kabel negatif.

4. Rutin Service

Menaati kewajiban melakukan servis pada mobil jarang dipakai tentunya menjadi salah satu cara penting untuk menjaga mobil tetap dalam performa yang menawan. Saat melakukan servis rutin pada mobil-mobil yang kurang sering digunakan, sebaiknya meminta pihak bengkel untuk mengecek tekanan pada ban dan bagian bawah mobil dari kerusakan yang terjadi akibat jarang dipakai.

5. Cek Bagian Mesin

Pastikan oli mesin dalam mobil kamu saat meninggalkan mobil dalam kondisi cukup, sebab dengan oli mesin yang penuh maka kondisi mesin juga terawat. Jika perlu gantilah dengan oli yang baru agar kondisi mesin juga menjadi awet. Selain itu, setelah selesai pastikan oli tidak tercecer kemana-mana karena mesin juga harus bersih jika mobil akan ditinggalkan dalam waktu lama.

6. Parkir di lokasi yang Datar

Usahakan kondisi mobil di parkir dalam kondisi yang datar. Jika kondisi parkiran masih kurang datar, kamu bisa menyiasati dengan ganjal ban dan jangan gunakan rem tangan. Penggunaan rem tangan yang terlalu lama bisa membuat kampas rem lengket dan per rem meregang cukup lama sehingga berkurang elastisitasnya. Selain itu, tutup mobil dengan selimut khusus untuk mencegah rusaknya cat, terutama jika mobil diparkir di luar ruangan.

Demikianlah tips merawat mobil yang jarang dipakai.

Ada butuh layanan jasa kirim mobil terdekat di Surabaya?

Kami PT. SEGARA ARTHA KARYA AUTOTRANS juga melayani Layanan jasa krim mobil, jasa towing mobilSingle Car Carrier / Towing merupakan jasa yang digeluti sejak perusahaan berdiri dan salah satu jasa unggulan dengan sistem door to door service dengan jadwal yang fleksibel dan dapat menyesuaikan konsumen. Seluruh armada telah dilengkapi dengan perangkat GPS Real Time Tracking sehingga konsumen bisa mengetahui live tracking dari tim operasional perusahaan.

Alamat Kantor:
The Square Office
Graha Pena Building Lantai 5
Jl. Ahmad Yani No. 88 Surabaya
60231

Telepon & WhatsApp:
08113538789

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top