Jasa Towing Jakarta Surabaya

Towing Jakarta Surabaya

KENALI JENIS MOBIL DEREK BESERTA FUNGSINYA

 

Jasa Towing Jakarta Surabaya
Towing dan Derek

 

Towing Jakarta Surabaya – Saat kendaraan Anda tiba-tiba mogok di jalan atau mengalami kecelakaan, Anda pasti membutuhkan jasa derek mobil. Memang jasa ini terlihat sepele, namun di saat situasi genting, jasa derek mobil memiliki peran dan manfaat yang besar. Jasa derek mobil ini dapat membantu kendaraan yang mengalami kerusakan serta tabrakan baik di jalan raya, jalan protokol, hingga jalan tol, baik di dalam maupun diluar kota.

Secara umum, derek mobil memiliki fungsi yang sama. Namun, derek mobil sendiri memiliki beberapa jenis yang sering digunakan. Tentunya beberapa jenis tersebut memiliki fungsi masing-masing.

 

Jenis-Jenis Derek Mobil

Secara umum, derek mobil memiliki fungsi yang sama. Namun, derek mobil sendiri memiliki beberapa jenis yang sering digunakan. Tentunya beberapa jenis tersebut memiliki fungsi masing-masing. Berikut ini 5 jenis derek mobil yang paling sering digunakan.

1. Boom

Boom merupakan kendaraan roda empat yang menggunakan kran atau boom untuk mengangkat mobil yang kondisinya parah, seperti jatuh ke sungai, jurang, atau terbalik. Jadi kran atau boom ini khusus dipakai untuk menderek serta menolong mobil yang mengalami kecelakaan serius.

 

2. Roda Diangkat

Jenis derek roda diangkat merupakan mobil derek yang mengangkat roda depan serta belakang kendaraan. Setelah roda depan atau belakang diangkat, kemudian mobil derek akan menariknya. Untuk menggunakan mobil derek ini, kendaraan yang akan diderek harus memiliki rem yang masih aktif.

Umumnya jenis mobil derek roda diangkat digunakan oleh Dinas Perhubungan untuk menarik mobil yang salah parkir atau parkir sembarangan. Saat di derek, roda mobil masih dikunci sehingga mobil akan berjalan dengan sebuah tumpuan saja.

 

3. Derek Gendong

Derek gendong atau disebut towing merupakan mobil derek yang mengangkut mobil dengan cara digendong ke atas truk. Umumnya mobil derek ini digunakan untuk mengangkut mobil dari showroom ke rumah pembeli. Selain itu, towing juga digunakan untuk mengangkut kendaraan atau mobil yang mengalami kecelakaan parah sehingga tidak bisa dijalankan. Setelah digendong, mobil akan diletakkan ke atas bak truk.

 

4. Kait dan Tarik

Jenis mobil derek berikutnya adalah kait dan tarik. Mobil derek jenis ini menggunakan alat bantu berupa rantai guna menarik kendaraan. Dengan menggunakan mobil derek ini, pengemudi mobil yang diderek juga harus ikut mengemudikan mobil. Umumnya jenis derek ini dipakai untuk menderek kendaraan yang kondisinya masih tergolong baik dan pengemudinya masih bisa dikendalikan. Selain itu, rem mobil yang diderek juga harus aktif agar lebih mudah dikendalikan.

 

5. Hidrolik

Jenis mobil derek selanjutnya adalah derek hidrolik yang digunakan untuk mengangkut mobil tipe premium dengan ground clearance rendah. Derek hidrolik ini dilengkapi dengan teknologi hidrolik sehingga mengurangi potensi goresan serta kerusakan lain ketika mobil diangkut atau digendong. Nantinya bak mobil derek akan diturunkan sampai rendah kemudian mobil dinaikkan ke bak truk. Sekilas cara yang digunakan oleh derek hidrolik hampir mirip dengan derek towing.

 

 

Itulah beberapa informasi singkat mengenai jenis mobil derek beserta fungsinya. Dari beberapa jenis tersebut, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Dan pastikan Anda memilih jasa derek yang terbaik dan terpercaya.

Jika Anda membutuhkan jasa derek dan towing Surabaya, Anda bisa menggunakan jasa PT. Segara Artha Karya Autotrans. PT. Segara Artha Karya Autotrans menyediakan layanan jasa pengiriman kendaraan kecil, kendaraan sedang, kendaraan besar dan alat berat. Jika kamu membutuhkan salah satu layanan dari PT. Segara Artha Karya Autotrans, kamu bisa menghubungi no telepon atau whatsapp PT. Segara Artha Karya Autotrans di +62 811 353 8789.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top