Jasa Pengiriman Mobil Terpercaya Surabaya Jakarta

Jasa Pengiriman Mobil Surabaya Jakarta

INILAH CARA MENGATASI MOBIL YANG MOGOK DI JALAN

 

Jasa Pengiriman Mobil Terpercaya Surabaya Jakarta
Jasa Derek Mobil

Jasa Pengiriman Mobil Surabaya Jakarta – Pernah kamu mengalami mobil mogok secara mendadak di jalan ? Pastinya hal pertama yang kamu rasakan adalah panik karena tidak tahu apa yang menjadi penyebab dan pemicu mobil yang kamu kendarai tiba-tiba mogok di jalan, terlebih jika kamu kurang paham perihal mesin kendaraan.

Mobil yang mengalami mogok atau mesinnya mati merupakan gangguan yang paling umum dialami oleh para pengendara mobil. Untuk itu kamu harus memahami apa saja yang menjadi penyebab mobil mengalami mogok dan tidak bisa distarter kembali. Selain memahami penyebabnya, kamu juga harus mengetahui solusi mengatasi mobil yang mogok di jalan tersebut.

 

Penyebab Mobil Mogok

 

Penyebab mobil mogok secara tiba-tiba tak hanya soal kehabisan bahan bakar seperti yang banyak dikira orang. Nah, sebenarnya, apa saja faktor yang dapat menyebabkan mobil mogok ? Mobil bisa mogok tiba-tiba karena berbagai hal, dan tiap penyebab atau masalah yang muncul juga bisa terjadi karena berbagai faktor. Agar kamu tak lagi menganggap hal ini mimpi buruk, kenali dulu beberapa penyebab mobil mogok.

 

1. Aki yang Bermasalah

Aki berperan sebagai pusat energi yang akan menentukan nyala atau hidupnya mobil, sehingga fungsinya sangat penting. Oleh karena itu, aki menjadi salah satu bagian yang pertama kali diperiksa saat mobil mendadak mati selain indikator bensin. Sebab, ada kemungkinan masalah yang terjadi pada aki mobil sehingga mengganggu kinerja mesin. Kemungkinan besar aki mengalami masalah pada kabel yang kendor di terminal plus atau minus, lalu masa pakai aki sudah habis. Oleh karena itu, penting pula bagi kamu untuk memilih aki mobil yang mumpuni, sama halnya seperti pada kendaraan lain, misalnya pada aki motor terbaik.

Aki yang sudah tidak layak pakai karena masa pakai yang sudah habis dan terus dipakai akan memicu masalah pada komponen lain yang membuat mobil tidak bisa berjalan dengan normal. Pastikan terlebih dahulu apakah memang mobil kamu mogok karena disebabkan oleh masalah pada aki, yakni dengan cara mengecek bagian dashboard mobil dan kemudian cek bagian terminal aki.

 

2. Dinamo Starter Rusak

Mesin mobil matic yang tiba-tiba mati dan tidak bisa dihidupkan kembali bisa jadi karena ada kerusakan atau aus pada switch starter atau tombol starter. Bagian ini kerap disepelekan karena hanya digunakan pada saat kamu sedang menyalakan atau mematikan mobil. Tapi tentu saja, sebagai salah satu komponen yang penting tombol ini bisa berpengaruh pada nyala atau tidaknya mobilmu.

Switch atau dinamo starter bisa mengalami masalah yang disebabkan oleh faktor usia atau pemakaian yang kurang ramah. Kemudian kabel yang mengalami kerenggangan akibat guncangan pada saat mengemudi atau aus pada logam kontraktor plus minus yang membuat arus listrik jadi tidak terhubung dengan baik.

 

3. Mobil Mengalami Overheat

mesin yang terlalu panas atau overheat juga bisa menjadi penyebab mobil mengalami mogok, biasanya kamu akan mengalami kondisi di mana mobil bisa hidup sebentar lalu kembali mati. Kondisi overheat penyebab mobil mogok umumnya diakibatkan karena jumlah air radiator yang kurang atau bahkan habis yang bisa disebabkan karena kebocoran atau lupa diisi. Sementara air pada radiator ini berfungsi sebagai pendingin yang berguna menjaga suhu mesin agar tidak mengalami overheat. Overheat pada mesin mobil bisa berakibat fatal seperti piston yang dapat meleleh dan menyebabkan fungsinya jadi menurun atau terhenti.

Jika memang mobilmu mengalami kondisi ini, sebaiknya tunggu hingga mesin kembali dingin terlebih dahulu baru mengatasinya. Apabila setelah kamu atasi ternyata masih ada kendala, sebaiknya bawa ke bengkel resmi mobil terdekat agar bisa ditangani dengan tepat.

 

4. Karburator yang Bermasalah

Penyebab mobil mogok yang terakhir adalah masalah yang terjadi pada bagian karburator mobil. Apabila kamu mengalami kendala ketika akan menghidupkan mobil, bisa jadi saluran bahan bakarnya bermasalah sehingga jumlah yang masuk terlalu sedikit. Hal ini dapat berakibat proses pembakaran tidak akan berjalan dengan sempurna dan mesin jadi sulit dihidupkan. Inilah yang menjadi alasan mengapa kamu perlu rutin memastikan apakah karburator atau injeksi dalam keadaan baik.

 

 

Itulah beberapa penyebab mobil mogok yang sering terjadi. Tentunya, saat mobil mogok, kita harus melakukan cara dan mencari solusi untuk mengatasi hal permasalahan tersebut. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat mobil kamu mogok di jalan secara tiba-tiba.

 

1. Dorong Mobil ke Pinggir Jalan

Langkah paling awal ketika mobil mogok adalah segera dorong mobil ke pinggir atau tepi jalan, terutama jika berhenti di tengah jalan. Hal ini penting dilakukan agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas, menjaga keselamatan baik kamu dan pengendara lain, serta kamu bisa leluasa mencari tahu penyebab dan mengatasi mobil yang mengalami mogok.

Kemudian, jika mobil mendadak mogok di malam hari, sebaiknya nyalakan lampu hazard atau penerangan lainnya. Tujuannya adalah untuk memberikan tanda bahwa ada kendaraan yang mengalami masalah sehingga pengendara lain akan lebih berhati-hati saat melintas. Apabila lampu mobil tidak bisa menyala sama sekali, kamu bisa memasang segitiga pengaman sebagai tanda darurat di bagian depan dan/atau belakang mobil dengan jarak sekitar 3-10 meter atau sebelum tikungan jika mogok di jalanan berliku.

 

2. Periksa Ketinggian Air Aki

Jika penyebab mobil jadi mogok disebabkan oleh masalah pada aki, setelah mesin dingin periksa level air aki dan kabel aki. Air aki yang kurang tinggi atau kurang penuh bisa berakibat mesin tidak dapat menyala dengan baik, sehingga kamu perlu mengganti atau mengisi ulang dengan air aki. Catat, jangan pernah mengisi aki dengan air mineral ataupun air keran karena bisa merusak aki.

Kemudian, periksa jika kabel aki mengalami kelonggaran atau kotor. Kencangkan kabel yang kendor dan bersihkan kabel tersebut. Kabel aki yang longgar bisa membuat aki jadi tidak mengisi dan tidak berfungsi secara optimal. Solusi lainnya jika mesin mobil tidak bisa distarter adalah dengan mengecas aki terlebih dahulu, bisa didorong atau dipancing menggunakan aki dari mobil lain.

 

3. Cek Sekring

Mesin mobil yang mendadak mati saat kamu lepas gas bisa disebabkan oleh sekring yang putus atau longgar. sekring yang berhubungan dengan mesin jika putus tidak bisa menyalakan mesin ketika kamu memutar kunci kontak pada posisi on. Meskipun masalah ini lebih sering terjadi pada mobil yang sudah berusia lama, namun bukan berarti hal ini tidak bisa terjadi pada mobilmu.

Umumnya, masalah sekring ini disebabkan oleh tegangan arus listrik ke bagian koil mengalami penurunan drastis dan berakibat proses pembakaran tidak berjalan sempurna. Bagian pemantik api sulit memperoleh aliran listrik sehingga tidak mampu membuat mobil bekerja. Kencangkan sekring yang longgar atau ganti dengan sekring baru untuk mengatasinya.

 

4. Periksa Pompa Bensin

Pompa bahan bakar yang mati tentu tidak akan bisa menghidupkan mobil, umumnya hal ini akan ditunjukkan pada indikator yang terletak di sebelah speedometer dengan bunyi dan lampu yang berkedip-kedip. Selain pompa bensin, karburator juga bisa menjadi penyebabnya, biasanya karena banjir yang berakibat busi menjadi basah. Karburator merupakan komponen yang cukup penting di mesin mobil.

Untuk bisa memperbaiki karburator, kamu harus membongkar dan membersihkannya. Atau bisa dengan cara alternatif yakni membuang bensin yang ada di dalam karburator lewat baut pembuangannya. Tak cuma banjir, kekurangan bahan bakar juga bisa memicu masalah pada bagian karburator yang berakibat proses pembakaran tidak bisa berjalan sempurna. Klep yang terlalu kotor juga bisa menghambat aliran bahan bakar menuju karburator.

 

5. Hubungi Mobil Derek

Apabila kamu tidak dapat mengatasi mobil mogok sendiri, kamu bisa menghubungi jasa derek terpercaya. Oleh karena itu sangat penting jika kamu menyimpan nomor jasa derek agar dapat membantumu jika sewaktu-waktu mengalami mogok. Jika mobil berhenti mendadak di jalan tol, kamu bisa menggunakan jasa derek gratis dari Jasa Marga hingga jalan keluar tol terdekat. Biaya overhaul atau derek mobil bervariasi tergantung dari jenis dan ukuran mobil kemudian jarak antar dan derek mobil.

 

 

Saat mobil kamu mogok dijalan, kamu bisa menghubungi jasa derek terpercaya. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan dalam membenahi mobil di tengah jalan, dan mobil kamu dapat diperbaiki dengan cepat.

Dan jika kamu mencari jasa derek dan towing yang terbaik dan terpercaya, kamu dapat memilih PT. Segara Artha Karya Autotrans. Melalui pengalaman, proses pembelajaran selama melakukan pengembangan usaha, dan kepercayaan yang diberikan berbagai pihak membawa perusahaan untuk terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan rencana strategis perusahaan.

Jika kamu membutuhkan salah satu layanan dari PT. Segara Artha Karya Autotrans, kamu bisa menghubungi no telepon atau whatsapp PT. Segara Artha Karya Autotrans di 0811 353 8789.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top